Foto: Tidur di Masjid |
Syahadat.id - Masjid merupakan tempat suci yang digunakan untuk beribadah kepada Allah seperti shalat, i’tikaf maupun kegiatan keagamaan lainnya seperti pengajian, diskusi agama.
Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat hendak memasuki masjid diantaranya menjaga kesucian badan dari Hadas besar dan menjaga dari segala bau yang tak mengenakkan.
Begitu juga, Agama menganjurkan umatnya saat di dalam Masjid untuk selalu memperbanyak shalat, tasbih dan amalan lainnya.
Hal ini seperti ayat yang berbunyi:
Artinya: Bertasbih kepada Allah di masjid-masjid yang telah diperintahkan untuk dimuliakan dan disebut nama-Nya di dalamnya, pada waktu pagi dan waktu petang. (QS. An Nur: 36).
Dari sini timbul pertanyaan, bagaimana hukumnya tidur di dalam masjid?
Menurut Imam Al Qurthubi dalam tafsirnya menjelaskan
Adapun tidur di masjid bagi orang yang membutuhkan Seperti para pengelana baik laki-laki dan perempuan atau orang yang tak mempunyai rumah maka hukumnya boleh.
Hal ini sesuai penjelasan Ibnu Umar
Artinya: Diriwayatkan dari Ibnu Umar bahwasanya saat ia muda, masih perjaka dan belum berkeluarga sering tidur di masjid Nabi Muhammad shalallahu alaihi wasallam. (HR. Bukhari, An Nasa’i).
Hal senada juga dikemukakan oleh Imam As Shan’ani dalam Syarah Bulugul Maram
Boleh Tidur di Masjid bagi laki-laki dan perempuan dengan catatan terhindar dari fitnah.
Hukum Tidur di Masjid Menurut 4 Madzhab
Imam Al Jazairi memaparkan pandangan 4 Madzhab terkait hukum tidur di Masjid.
Pertama, Pendapat pengikut Madzhab Hanafi berpendapat bahwa
ﻳﻜﺮﻩ اﻝﻧﻮﻡ ﻓﻲ اﻟﻤﺴﺠﺪ ﺇﻻ ﻟﻠﻐﺮﻳﺐ، ﻭاﻟﻤﻌﺘﻜﻒ، ﻓﺈﻧﻪ ﻻ ﻛﺮاﻫﺔ ﻓﻲ ﻧﻮﻡﻫﻤﺎ ﺑﻪ
Makruh tidur di Masjid kecuali bagi pengelana atau musafir maupun orang yang i’tikaf maka tak ada kemakruhan baginya.
Kedua, pendapat pengikut madzhab Maliki menyatakan bahwa
Boleh tidur di Masjid saat waktu Qailulah (tidur sebentar menjelang dhuhur atau setelahnya) sama saja masjid di kampung atau perkotaan.
Ketiga, pendapat pengikut madzhab imam Syafi’i yang berpendapat
ﻻ ﻳﻜﺮﻩ اﻟﻨﻮﻡ ﻓﻲ اﻟﻤسجد ﻏﻼ ﺇﺫا ﺗﺮﺗﺐ ﻋﻠﻴﻪ ﺗﻬﻮﻳﺶ، ﻛﺄﻥ ﻳﻜﻮﻥ ﻟﻠﻨﺎﺋﻢ ﺻﻮﺕ ﻣﺮﺗﻔﻊ ﺑﺎﻟﻐﻄﻴﻂ.
Tak dihukumi makruh tidur di masjid saat terhindar dari suara yang mengganggu seperti orang yang tidur mendengkur keras.
Keempat, Pendapat pengikut Madzhab imam Hambali yang berpendapat
ﺇﻥ النوم ﻓﻲ اﻟﻤﺴﺠﺪ ﻣﺒﺎﺡ ﻟﻠﻤﻌﺘﻜﻒ ﻭﻏﻴﺮﻩ، ﺇﻻ ﺃﻧﻪ ﻻ ﻳﻨﺎﻡ ﺃﻣﺎﻡ اﻟﻤﺼﻠﻴﻦ
Sesungguhnya tidur di masjid hukumnya boleh bagi orang yang i’tikaf maupun yang lain kecuali ia tidur di depan orang yang sedang shalat.
Dari sini dapat dipahami bahwa tidur di masjid diperbolehkan dengan catatan menjaga kebersihan dan tidak menganggu orang yang shalat.
Namun seiring perkembangan zaman, banyak kejadian seperti pencurian atau hal negatif lainnya yang menjadikan pengurus masjid mengunci pintu masjid di luar waktu shalat.
Kebijakan ini seharusnya disikapi dengan bijaksana agar masjid tetap harmonis dan menjadi tempat yang nyaman dan aman bagi siapapun.